Friday, March 22, 2013

Yang Disunnahkan dan Yang Dimakruhkan Ketika Berpuasa



Posted on


A.    Yang Disunnahkan
Dianjurkan/disunnahkan bagi orang yang berpuasa hal-hal berikut.
1.      Makan sahur
Berdasarkan perintah beliau saw, Makan sahurlah kaliah karena sesungguhnya dalam sahur itu terdapat barokah [HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095]
Sahur dilakukan dengan makan (atau minum), baik banyak atau sedikit, walaupun dengan seteguk air. Waktu sahur yakni mulai dari setengah malam terakhir hingga fajar.
2.    Mengakhirkan sahur
Berdasarkan hadits Zaid bin Tsabit r.a. bahwa dia berkata, “Kami sahur bersama Rasulullah saw kemudian kami langsung berdiri untuk shalat”. Kemudian aku bertanya, “Berapa lama waktu antara mulai makan sahur dengan shalat itu?”. Dia menjawab, “Sekitar membaca 50 ayat” [HR. Bukhari no. 575 dan Muslim no. 1097. Lafazhnya dari Muslim]

Hal-hal Yang Disunnahkan Dalam Sholat

10 Desember 2009 pada 13:03 · Disimpan dalam . LIHAT SELURUH ARTIKEL, 04. Tatacara & Menyempurnakan Sholat

Hal yang sunnah dalam sholat adalah bagian sholat yang tidak termasuk dalam rukun maupun wajib, tidak membatalkan solat baik ditinggalkan secara sengaja maupun lupa.  Hal-hal yang sunnah lebih baik dan menambah pahala bila dilakukan seandainya  memang kita sanggup atau berkesempatan melakukannya.

Sunnah-sunnah ini tidak wajib dilakukan oleh orang yang shalat, tetapi jika ia melakukan semuanya atau sebagiannya maka ia akan mendapatkan pahala, sedangkan orang yang meninggalkan semuanya atau sebagiannya maka tidak ada dosa baginya, sebagaimana pembicaraan tentang sunnah-sunnah yang lain (selain sunnah shalat).

Namun seharusnya bagi seorang mukmin untuk melakukannya sambil mengingat sabda Al-Mushthafa shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Sunday, March 10, 2013

Hadist tentang cinta

Cinta adalah sebuah rasa yang diciptakan oleh Allah Swt untuk dinikmati oleh setiap manusia di dunia. Beragam rasa yang ada di dalam satu kata itu. Seperti halnya rasa yang terkecap oleh indra perasa kita. Islam adalah agama yang sangat menghargai cinta. Buktinya, dalam Islam pernikahan adalah ikatan suci yang seharusnya dilakukan oleh semua umat Muslim.
Pernikahan membuat hidup seseorang menjadi seimbang, dan untuk itulah cinta ada mewarnai pernikahan itu. Selain itu, cinta juga tumbuh dalam bentuk kasih sayang terhadap sesama. Untuk itu, hadist tentang cinta kemudian ada untuk memperlihatkan betapa indahnya cinta itu.


Bacaan Niat Sholat 5 Waktu Dan Tata Cara Sholat -

 1. Bacaan Niat Sholat Shubuh/Subuh (2 Roka'at)
Ushollii fardlolsh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an (imaaman/ma'muuman) lillaahi ta'aalaa.
Artinya :
"Aku sengaja sholat fardlu shubuh dua raka'at menghadap qiblat (sebagai imam/sebagai makmum) karena Allah".

2. Niat Sholat Dhuhur/Zuhur/Lohor (4 Roka'at)
Ushollii fardlodh dhuhri arba'a roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa-an (imaaman/ma'muuman) lillaahi ta'aalaa.
Artinya :
"Aku sengaja sholat fardlu dhuhur empat raka'at menghadap qiblat (sebagai imam/sebagai makmum) karena Allah".

Template by:
Free Blog Templates